Cara mengatasi perut kembung tanpa obat

Banyak obat-obatan yang dijual bebas, ditawarkan sebagai anti kembung maupun untuk menetralkan asam lambung. Dokter pun akan memberikan obat-obatan semacam ini. Namun lebih baik jika dapat mengatasinya tanpa menggunakan obat, melainkan mengubah pola kebiasaan salah yang dapat menyebabkan gangguan lambung tersebut.
Sehabis makan sebaiknya  tidak segera berbaring, tetapi tunggu dulu sampai kira-kira 2-3 jam. Lebih baik
makan sedikit tetapi berangsur-angsur daripada sekaligus dalam jumlah banyak. Sedapat mungkin hindarkan atau kurangi kebiasaan minum-minuman mengandung alkohol, kafein dan merokok.
Meninggikan bagian kepala jika sedang tidur, kira-kira 15 centimeter, misalnya mengganjalkan dengan bantal, merupakan kebiasaan baik daripada tidur tanpa bantal. Jagalah dada agar tetap di atas, sehingga mengurangi kemungkinan cairan asam lambung mengalir ke kerongkongan ketika sedang telentang.
Jika kebetulan bertubuh gemuk, turunkan berat badan atau kurangi kegemukan. Tubuh yang terlalu gemuk dapat meningkatkan tekanan pada daerah perut, sehingga merangsang timbulnya refluks.
Bukan mustahil, dengan mengubah pola kebiasaan sehari-hari yang salah, gangguan perut kembung yang seakan-akan telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari itu dapat diatasi tanpa obat.


Pustaka
Sku Pencegahan Dini Kesehatan Oleh Dr. ANIES MKES PKK

From: http://fkunhas.com

0 komentar:

Bagaimana menurut anda tentang post ini ?

Copyright © 2011-2013 ShareBareng.