Pertolongan Pertama untuk Smartphone Basah

Wet Smartphone 1 Tips : Pertolongan Pertama untuk Smartphone Basah tips guide 


Karena kepintaran sang ponsel pintar (smartphone) atau karena tuntutan eksisting, Anda mungkin sudah tidak ingin terpisahkan lagi perangkat yang satu itu. Smartphone yang layaknya sahabat setia akan selalu mengikuti berbagai aktifitas Anda termasuk ke dalam kamar mandi, berenang atau ketika bermain di pantai. Kalau sudah begini, resiko ponsel pintar akan basar menjadi sangat besar. Basah dalam hal ini bukanlah smartphone yang terkena percikan air atau percikan hujan, tetapi basah terendam dalam bak kamar mandi, jatuh ke kolam renang atau bahkan tergelincir dari kantong ketika asik bermain di laut.
Panik bukanlah solusi untuk mengatasi smartphone yang basah. Ada pertolongan pertama yang bisa Anda lakukan untuk menolong ponsel yang basah tersebut :
- Jangan langsung menyalakan smartphone sesaat setelah terendam air. Lepaskan baterai, sim card ,dan memory card (bila ada). Karena banyak orang yang langsung mengaktifkan smartphone untuk mengecek fungsionalitas setelah terendam air. Tetapi percayalah, mengaktifkan smartphone Anda setelah berada di dalam air bisa membuat sirkuit singkat dan akan menghancurkan seluruh sistem di dalamnya. Sebisa mungkin buka bagian luar smartphone seperti casing, baterai dan kartu sim dan biarkan sesaat pada udara terbuka.






- Kubur semua bagian smartphone ke dalam beras. Biarkan semua bagian smartphone masuk ke dalam beras. Jangan lupa melepaskan baterai smartphone. Baterai dimasukan juga ke beras.  Mungkin untuk bagian ini Anda sedikit bingung, tetapi kenyataannya bulir beras akan mengambil kelembapan yang ada dalam smartphone. Dalam beberapa kasus (ponsel terendam dalam kurun waktu tidak lebih dari 1 menit) cara ini akan sangat efektif.
Pada gambar demo diatas memang dilakukan untuk 3 jenis smartphone, yaitu Blackberry, iPhone dan Android. Tetapi tidak ada salahnya jika pertolongan yang sama juga dilakukan untuk ponsel yang terendam air.

from: -yangcanggih.com
          -rumahyogurt.com

0 komentar:

Bagaimana menurut anda tentang post ini ?

Copyright © 2011-2013 ShareBareng.