Teknologi Baru LCD, Hemat Baterai Hingga 50%


 Sony WhiteMagic
Sony WhiteMagic 01 Sony WhiteMagic: Teknologi Baru LCD, Hemat Baterai Hingga 50% aksesoris komputer komputerRaksasa elektronik Jepang, Sony, memperkenalkan teknologi layar LCD terbarunya yang bernama WhiteMagic. LCD dengan teknologi ini nantinya akan ditanamkan pada kamera digital dan smartphone. Sony mengklaim dengan LCD WhiteMagic ini bisa menghemat baterai lebih banyak, tetapi di satu sisi layar tetap terang dan enak dilihat.
Pada prototype berukuran 3 inci, layar LCD ini menggunakan 4 warna yaitu Red, Green, Blue dan White (RGBW). Dan warna putih inilah yang menjadi senjata rahasia untuk dapat tetap menghasilkan warna terang namun menggunakan sumber daya listrik yang lebih rendah. Menurut Sony, daya listrik yang digunakan bisa berkurang hingga 50% tetapi tetap punya tingkat brightness yang sama layar LCD konvensional.
Seperti namanya, WhiteMagic, mampu meningkatkan tingkat terang layar hingga 1000cd/m2 karena adanya tambahan pixel putih, selain pixel umum yang terdiri dari merah, hijau, dan biru di LCD. Di modus hemat daya, layarnya akan seterang 470cd/m2, namun hanya menggunakan 225mW termasuk backlight. Di modus outdoor, daya yang dibutuhkan meningkat jadi 400mW, tapi tentu tingkat terang layar juga meningkat dan terlihat jelas, tak peduli seberapa terang cahaya matahari di luar. Dan hebatnya lagi dengan pengaturan terang tertinggi, Sony berhasil membuat LCD ini memakai sedikit daya saja.
Menambahkan pixel putih dalam LCD biasanya menghasilkan kualitas gambar buruk, namun Sony berhasil mengatasinya. Hasilnya adalah gambar terang dan tajam dengan kualitas tinggi bahkan mungkin terlihat lebih terang. Hal ini berkat algoritma baru yang digunakan saat pemrosesan gambar sebelum ditampilkan di layar.
Keunggulan WhiteMagic bukan hanya hemat daya dan tingkat terang saja, namun juga dari sudut penglihatan yang mencapai 160 derajat, baik horizontal atau vertikal. WhiteMagic ini juga memiliki rasio kontras 1000:1 dan reproduksi warna NTSC sebesar 60%.
Menurut rencana, produk LCD dengan teknologi ini akan sudah tersedia pada Oktober 2011. Dan kemungkinan WhiteMagic ini sudah disematkan ke dalam berbagai kamera digital ataupun smartphone (tentunya buatan Sony juga) pada akhir tahun ini atau di awal 2012 nanti.
Sony WhiteMagic 02 Sony WhiteMagic: Teknologi Baru LCD, Hemat Baterai Hingga 50% aksesoris komputer komputer
From: yangcanggih.com

0 komentar:

Bagaimana menurut anda tentang post ini ?

Copyright © 2011-2013 ShareBareng.