Google Ciptakan Rak Buku Digital dengan Lebih dari 10.000 Judul

Google Ciptakan Rak Buku Digital dengan Lebih dari 10.000 Judul 
Pernah terbayang di benak Anda mengenai rak buku digital? Seperti apa tampilannya, apakah seperti yang satu ini? Melalui blognya, Google memperkenalkan “Digital Bookcase? yang mereka sebut WebGL Bookcase. Desainer hebat mereka membayangkan sesuatu seperti rak buku di ruang tamu, tetapi juga dapat menampilkan sejumlah besar judul buku yang tersedia secara online. Pastinya ini akan memuat banyak judul buku dibandingkan dengan rak buku tradisional.

Dengan rak buku 3D ini, Anda dapat memutarnya dari sisi ke sisi dan menuruni bagian bawah rak dengan menggunakan mouse. Ada lebih dari 10.000 judul dari Google Books dalam rak 3D ini. Wow.. tentunya Anda tak mungkin mencari judul buku satu per satu, bukan? Untuk mencari judul yang Anda inginkan, cukup klik tombol “subject” di dekat bagian atas layar Anda ketika melihat rak buku. Kamera seketika akan menunjukkan buku tersebut. Anda tinggal mengklik buku dari rak dan menariknya ke tengah layar.


Setelah itu Anda bisa mengklik pada high-resolution cover dan buku akan terbuka secara otomatis, menunjukkan halaman dengan judul dan informasi penulis, serta sinopsis pendek yang disediakan oleh Google Books API. Semua tampilan visual ini dirender dengan WebGL, sebuah teknologi di Google Chrome dan browser modern lainnya yang memiliki kecepatan dan hardware-accelerated 3D graphics pada browser, tanpa harus plug-in.

Jika Anda selesai browsing dan menemukan buku yang ingin Anda baca, Anda tinggal mengklik tombol “Get this Book” pada bagian kanan bawah halaman. Tombol ini akan mengirim Anda ke halaman buku di books.google.com. Anda juga bisa membuka judul pada ponsel atau tablet melalui QR code yang terletak di sudut kiri bawah halaman dengan menggunakan aplikasi QR code seperti Google Goggles. Anda juga bisa browsing gratis dengan memilih subject “Free Books” pada subject viewer.

WebGL Bookcase sudah dapat diakses saat ini, namun Google merekomendasikan Anda menggunakan Google Chrome dan komputer dengan graphics card yang powerful. Bahkan, dengan hardware baru, interface ini adalah eksperimen dan mungkin tidak bekerja pada beberapa mesin. Ingin menikmati pengalaman rak buku digital 3D ini? Segera kunjungi WebGL Bookcase  ini dan bagikan pengalaman Anda di sini :)





0 komentar:

Bagaimana menurut anda tentang post ini ?

Copyright © 2011-2013 ShareBareng.