10 Tips Meningkatkan Kemampuan Mobile Photography

http://3.bp.blogspot.com/_G2ew0LRZy6g/S7LR8kv8I4I/AAAAAAAAABw/9jXTD5pkeWw/s1600/201-4368a0c52981f.jpg
Phoneography atau memotret menggunakan ponsel telah menjadi tren masa kini. Kemanapun Anda pergi, Anda bisa dengan mudah mengabadikan setiap momen melalui kamera ponsel. Meski hanya menggunakan kamera ponsel tapi ada sejumlah hal penting yang perlu Anda tahu sehingga bisa menciptakan foto berkelas layaknya fotografer profesional. Silakan simak 10 tips untuk mobile photography ini:

1. EXPOSURE CONTROL
Anda bisa membuat banyak perubahan pada foto dengan cara memaksa ponsel untuk memotret scene secara over/under-expose. Cara paling mudah melakukannya adalah dengan menggunakan built-in camera app dan tap pada screen di area paling gelap atau paling terang dan lihatlah perubahan apa yang bisa Anda lakukan dengan cara itu.

Cobalah membuat tiga foto: (1) normal, (2) tap pada area tergelap dari scene, (3) tap pada area paling terang dari scene. Bandingkan tiga foto yang Anda buat dengan metode berbeda itu.

2. MAINKAN FLASH
Flash yang ada di ponsel dibuat untuk memberikan pencahayaan tepat saat Anda tekan tombol untuk memotret. Dengan cara kerja seperti itu pastinya tidak mudah untuk memprediksi akan seperti apa foto yang Anda hasilkan nanti.

Aplikasi iPhone seperti Camera+ memungkinkan Anda untuk tidak menggunakan flash terus-menerus saat memotret sehingga hasilnya akan sempurna setiap waktu.

Jika Anda suka tampilan dari toy camera klasik, Anda dapat dengan mudah memberikan sedikit warna ke dalam flash ponsel Anda. Ambil sejumlah Color Flash Filters dan tahan di depan flash kamera untuk mendapatkan tampilan dengan kesan film.



3. COBALAH SIMETRI
Bayangkan Anda adalah seorang desainer masa kini. Foto yang memiliki komposisi bagus seringkali menggunakan teori desain dasar, termasuk penggunaan patterns.

Saat Anda melakukan photo-shooting, cobalah mencari scene yang memiliki pengulangan bentuk, garis, pattern dan bentuk lain yang bisa Anda gunakan untuk mengubah foto menjadi tampilan dengan sentuhan seni. Jika Anda tidak menemukan spot tersebut, cobalah mencari bentuk tertentu seperti segi tiga, misalnya.





4. GABUNGKAN FOTO DALAM FRAME TERPISAH

Anda bisa menggabungkan 2, 3, atau 4 foto bersama. Aplikasi iPhone seperti Diptic, PicFrame, atau WoW Camera akan membantu Anda menyatukan banyak foto seperti dalam sebuah frame asli.

Satukan sejumlah foto untuk menciptakan urutan kegiatan, zoom untuk memperlihatkan detail dan buatlah perbandingan antara foto sehingga tampak lebih menarik.



5. TILT/SHIFT

Tilt/Shift adalah blur effect yang bisa Anda aplikasikan ke foto dengan meniru fokus kamera film 4x5”. Efek itu juga bisa Anda gunakan untuk membuat scene berukuran besar agar tampak sebagai miniatur.

Tilt/Shift bisa diumpamakan seperti bumbu dalam resep masakan. Cara ini tidak akan membuat foto yang jelek menjadi bagus tetapi bisa merusak foto jika terlalu banyak Anda gunakan. Dengan TiltShift Generator Anda bisa kontrol ukuran dan intensitas blur yang Anda tambahkan sehingga ‘makanan’ bisa terhindar dari terlalu banyak ‘cabai’ :D

Aplikasi lain yang memilki fitur tilt/shift antara lain Pictureshow (iPhone), Camera360 (Android) dan Snapseed (iPhone).




6. LENSA PONSEL
Lensa ponsel bisa Anda andalkan sebagai kawan terbaik saat memotret menggunakan ponsel. Lensa khusus ini akan membantu Anda secara instan melalui macro dan fisheye.



7. DOUBLE-FILTER TRICK

Double-filter trick bisa menjadi senjata andalan untuk menciptakan foto keren. Dengan filter foto dua kali Anda akan mendapatkan hasil yang tak terduga. Di contoh ini, foto diproses menggunakan filter black & white, setelahnya diproses dengan sejumlah filter milik Instagram.

TIPS: Jika Anda ingin double-filter foto di Instagram, ubah dulu ponsel ke airplane mode (WiFi off) sebelum publish sehingga ponsel akan menyimpan foto tanpa menambahkannya terlebih dulu ke stream.



8. HDR CAMERA SHAKE
Saat ponsel mengambil foto pada HDR mode, proses ini memerlukan sejumlah foto dalam sekali jepret kemudian membaginya secara bersama untuk menciptakan sebuah gambar sempurna.

Anda perlu melakukan uji coba untuk melihat hal baru apa yang bisa Anda dapatkan. Dengan shaking ponsel saat membuat foto dalam HDR mode, hasil yang Anda peroleh akan menyerupai foto jadul dengan double exposures.

Hal yang sama juga akan terjadi saat Anda menggunakan HDR mode untuk memotret benda bergerak seperti mobil, pesawat bahkan sapi yang tengah berjalan (tentu saja dengan bantuan tripod).



9. DOUBLE (OR TRIPLE) EXPOSURES IN-APP
Cara lain untuk menciptakan foto dengan kesan pro adalah mengkombinasikan sejumlah foto menjadi satu. Aplikasi seperti DXP (iPhone) dan PhotoForge2 (iPhone) bisa membantu Anda menghasilkan foto-foto cantik secara cepat.



10. SEMUA BENDA BISA MENJADI LENS FILTER
Untuk bisa menghasilkan foto keren melalui ponsel, Anda tidak memerlukan banyak peralatan fotografer profesional.

Kamera tradisional memiliki lensa berukuran lebar yang memerlukan filter tertentu, kamera di iPhone justru berukuran sangat kecil dan hanya memerlukan satu filter. Artinya, apapun bisa Anda pakai sebagai filter!

Coba dekatkan lensa iPhone ke botol minumal soda berbahan plastik atau botol gel berwarna, coba jepret obyek melalui kain atau renda, kertas, 35mm slides, atau benda apapun!

Nah, dengan 10 tips di atas sekarang Anda bisa mulai bereksperimen menggunakan ponsel Anda!

From: gopego.com

0 komentar:

Bagaimana menurut anda tentang post ini ?

Copyright © 2011-2013 ShareBareng.