Fakta-Fakta Seputar Grammy Award

  http://abcnewsradioonline.com/storage/news-images/Getty_021012_GrammyAwardStatues.jpg?__SQUARESPACE_CACHEVERSION=1328915072598
 Grammy Award yang pada awalnya disebut dengan Gramophone Award merupakan sebuah penghargaan dari National Academy of Recording Arts and Sciences Amerika, sebuah penghargaan atas prestasi dan pencapaian di industry music. Grammy Award ini adalah setara dengan Emmy Awards untuk televisi, Tony Awards untuk panggung, dan Academy Awards untuk film. Berikut adalah fakta-fakta seputar Grammy Award:
Penyelenggaraan Grammy Awards untuk kali pertama adalah pada May 1959. Ketika itu jumlah award yang diberikan adalah baru 22 penghargaan, sementara itu pada penyelenggaraan Grammy Awards tahun 2010, jumlah award yang dibagikan membengkak menjadi 110. Sir Georg Solti menjadi pemegang record Grammy Awards dengan 31 penghargaan, sementara Alison Krauss menjadi pemegang Grammy terbanyak kategori wanita dengan 27 Award. Sementara untuk kategori band rekor disandang oleh U2 dengan 22 Grammy Awards, mereka pernah memenangi kategori Rock Duo or Group sebanyak 7 kali, Album of the Year dua kali, Record of the Year dua kali, Song of the Year serta Best Rock Album masing-masing dua kali. Sedangkan Michael Jackson memenangkan 8 award pada satu malam yaitu di 1983, diikuti oleh Carlos Santana pada tahun 1999.


Elvis Presley meskipun dikenal sebagai raja rock n roll namun belum pernah memenangkan Grammy pada kategori yang bergengsi, dia hanya mendapatkan 3 Grammy pada kategori gospel music. Demikian juga beberapa musisi terkenal yang belum pernah mendapatkan Grammy seperti Rod Stewart, Queen, The Jackson Five, Bob Marley dan demikian juga dengan Joe Satriani meski sudah dinominasikan sebanyak 13 kali.
Milli Vanilli adalah artis pertama yang dicopot Grammy Award-nya pada tahun 1989, setelah ketahuan bahwa selama ini dia melakukan kebohongan public dengan menggunakan suara orang lain alias lipsink. Sebaliknya Sinead O'Connor memenangkan penghargaan untuk Best Alternative Album tahun 1990. Tapi ia menolak untuk menerima penghargaan dan memboikot upacara Grammy.
Artis termuda yang pernah dinominasikan menerima Grammy adalah Billy Gilman, yaitu saat berumur 12 tahun 273 hari. LeAnn Rimes menjadi peraih Grammy termuda pada tahun 1997 saat dia memenangkan Best New Artist pada usia 14 tahun. 



From: septo-gazette.blogspot.com

0 komentar:

Bagaimana menurut anda tentang post ini ?

Copyright © 2011-2013 ShareBareng.