Mendeteksi Baterai E.coli dari Ponsel

OzcanE.coli prv Mendeteksi Baterai E.coli dari Ponsel news mobile gadget aksesoris gadget
Ponsel telah berhasil merevolusi komunikasi, merambah dunia kamera hingga komputer, dan suatu hari nanti mereka akan bersinggungan juga dengan sesatu yang berbau keamanan pangan. Sebuah kelompok riset bekerja di bawah Aydogan Ozcan di UCLA telah menciptakan perangkat tambahan untuk ponsel agar dapat menghitung konsentrasi bakteri E.coli dalam sampel cair.

Perangkat ini memiliki cara kerja yang mirip dengan fluorescence microscope, memompa sampel menjadi serangkaian tabung kecil yang mengandung antibodi E.coli. Kemudian alat ini mengukur eksistensi dari titik-titik kuantum (fragmen kecil dari semikonduktor) yang ditempatkan di sekitar mereka dengan kamera ponsel dan sebuah lensa tambahan. Dari eksistensi tersebutlah peneliti dapat menghitung konsentrasi E.coli dalam sampel. Metode ini telah sukses diuji dalam larutan khusus dan dalam segelas susu.

Kelompok riset Ozcan telah bekerja selama beberapa waktu untuk menciptakan teknologi biomedis yang muat pada ponsel. Tahun lalu, mereka menciptakan flow cytometer, yakni mesin yang digunakan untuk meggambarkan sel dan bakteri seharga $5 dan dapat dilekatkan pada ponsel. Sedangkan perangkat terbaru ini merespons bakteri E.coli yang telah menjadi ancaman kesehatan masyarakat seluruh dunia.

Dengan alat ini Anda dapat dengan mudah mendeteksi air atau makanan cair lainnya dari keberadaan bakteri tersebut, sehingga Anda dapat menjaga kesehatan keluarga yang harganya hampir tak ternilai itu. Ke depannya, alat ini akan dikembangkan lagi untuk mendeteksi berbagai mikro-organisme berbahaya lainnya agar semakin mudah dibawa dan digunakan oleh hampir semua orang pengguna ponsel.

From: yangcanggih.com

0 komentar:

Bagaimana menurut anda tentang post ini ?

Copyright © 2011-2013 ShareBareng.