Menggunakan Ponsel dengan Baik

http://gadget33.files.wordpress.com/2011/06/halo.jpgSaat ini pemakaian ponsel atau telepon genggam/seluler atau handphone adalah sebuah kebutuhan yang sulit untuk dipungkiri, baik itu oleh orang dewasa, remaja, atau pun bahkan anak-anak. Kemudahan untuk bisa menghubungi dan dihubungi membuat posisi ponsel dalam kehidupan sehari-hari tak terelakkan lagi. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa ponsel memancarkan radiasi yang dapat merugikan kesehatan kita? 

The Food and Drug Administration's (FDA) melansir bahwa ponsel mengeluarkan radiasi level rendah dan energi radiofrekuensi (RF) tidak panas yang tidak akan merusak DNA. Energi RF ini bersifat kumulatif, artinya semakin sering terpapar maka semakin besar kemungkinan energi ini merusak kesehatan.
Dikutip dari The Environmental Working Group (EWG), tahun 2007 terjadi peningkatan jumlah anak hiperaktif sebesar 80 persen pada anak-anak yang semasa kecilnya sering menggunakan ponsel atau ketika di dalam kandungan ibunya sering menelepon dengan ponsel.

Walaupun belum ada bukti penelitian yang menyatakan bahwa penggunaan ponsel akan secara langsung berpengaruh buruk terhadap kesehatan, tapi ada satu hal yang harus kita yakini yaitu “penggunaan ponsel yang berlebihan hanya akan membuatnya menjadi barang yang lebih banyak sisi negatifnya dari pada sisi positifnya”.

Jadi bagaimana cara memakai ponsel yang baik, supaya kita dapat terus merasakan keuntungan dan meminimalisir kerugian penggunaannya? Berikut tips yang bisa Anda lakukan.

1. Jauhkan ponsel dari anak-anak.
Kalaupun Anda terpaksa memberikan ponsel kepada anak Anda, ajarkan kepadanya untuk tidak menggunakannya secara berlebihan. 

2. Jangan gunakan ponsel untuk menelepon terlalu lama.
Gunakan fungsi loudspeaker atau perangkat headset apabila Anda terpaksa melakukannya.

3. Jangan biarkan tubuh Anda dekat dengan ponsel terlalu lama.
Semakin dekat ponsel dengan tubuh Anda maka semakin besar paparan radiasi yang Anda dapatkan. Usahakan untuk tidak menyimpan ponsel di saku atau menyimpan ponsel terlalu dekat ketika Anda tidur.

4. Sebisa mungkin gunakan SMS dibanding menelepon.
Selain bisa menjaga kesehatan tubuh Anda, juga bisa menjaga kesehatan dompet Anda Big Grin

-trigonalworld.com-

0 komentar:

Bagaimana menurut anda tentang post ini ?

Copyright © 2011-2013 ShareBareng.